Sabtu, 23 November 2013

Komunikasi

KOMUNIKASI
1.       Pengertian Komunikasi
Komunikasi ialah proses penyampaian atau penerimaan pesan dari satu orang kepada orang lain, baik langsung maupun tidak langsung, secara tertulis, lisan, maupun bahasa nonverbal. Orang yang melakukan komunikasi disebut komunikator. Orang yang diajak berkomunikasi disebut komunikan. Orang yang mampu berkomunikasi disebut komunikatif. Orang yang komunikatif ialah orang yang mampu menyampaikan informasi atau pesan kepada orang lain, baik langsung maupun tidak langsung, secara tertulis, lisan, maupun bahasa nonverbal sehingga orang lain dapat menerima informasi (pesan). Sebaliknya, ia mampu menerima informasi atau pesan orang lain yang disampaikan kepadanya, baik langsung maupun tidak langsung, secara tertulis, lisan, maupun bahasa nonverbal.
Pengertian Komunikasi menurut Tokoh
Menurut Onong Uchjana Effendy komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)
Raymond Ross
Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk memengaruhi perilaku mereka.
Everett M. Rogers
Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
Carl I. Hovland
Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.
New Comb
Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.
Bernard Barelson & Garry A. Steiner
Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.
Colin Cherry
Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.
Definisi komunikasi : Menurut Forsdale (1981) seorang ahli pendidikan terutama ilmu komunikasi : Dia menerangkan dalam sebuah kalimat bahwa “communication is the process by which a system is established, maintained and altered by means of shared signals that operate according to rules”. Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan tujuan bahwa sinyal-sinyal yang dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan.
William J. Seller
William J.Seller mengatakan bahwa komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.
2.       Tujuan dan Manfaat Komunikasi
Tujuan dan manfaat komunikasi adalah sebagai sarana untuk:
1.       Meningkatkan kemampuan manajerial dan hubungan sosial
2.       Menyampaikan dan atau menerima informasi
3.       Menyampaikan dan menjawab pertanyaan
4.       Mengubah perilaku (pola pikir, perasaan dan tindakan) melalui perencanaan,pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan
5.       Mengubah keadaan sosial
6.       Dua hal yang dapat mengubah perilaku dan keadaan sosial adalah komunikasi dan pengambilan keputusan.
3.       Proses Komunikasi


Unsur-unsur dalam proses komunikasi antara lain: 1) pengirim pesan (sender) atau komunikator dan materi (isi) pesan, 2)bahasa pesan (coding), 3)media, 4)mengartikan pesan (decoding), 5)penerima pesan (komunikan),6)balikan (respons si penerima pesan), dan 7) gangguan yang menghambat komunikasi.

 Komunikasi merupakan suatu proses yang mempunyai komponen dasar  sebagai berikut :

Pengirim pesan, penerima pesan  dan  pesan
1.      Pengirim pesan (sender) dan isi pesan/materi
Pengirim pesan adalah orang yang mempunyai ide  untuk disampaikan kepada seseorang dengan harapan   dapat dipahami oleh orang yang menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya. Pesan adalah informasi yang akan disampaikan  atau diekspresikan  oleh pengirimpesan.  Pesan dapat verbal atau non verbal dan pesan akan efektif bila diorganisir secara baik dan jelas.

      Materi pesan dapat berupa :
a.       Informasi
b.      Ajakan
c.       Rencana kerja
d.      Pertanyaan dan sebagainya


2.      Simbol/ isyarat
Pada tahap ini pengirim pesan membuat kode atau simbol sehingga pesannya dapat       dipahami oleh  orang lain. Biasanya seorang manajer menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata, gerakan anggota badan, (tangan, kepala, mata dan bagian muka lainnya). Tujuan  penyampaian pesan adalah untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap, perilaku atau menunjukkan arah tertentu.

3.      Media/penghubung
Adalah alat untuk penyampaian pesan seperti ; TV, radio surat kabar,  papan pengumuman, telepon dan lainnya. Pemilihan media ini dapat dipengaruhi oleh isi pesan  yang akan disampaikan, jumlah penerima pesan, situasi dsb.

4.      Mengartikan kode/isyarat
Setelah  pesan diterima  melalui indera (telinga, mata dan seterusnya) maka  si penerima pesan  harus dapat mengartikan  simbul/kode dari pesan tersebut, sehingga dapat dimengerti /dipahaminya.

5.      Penerima pesan
Penerima pesan adalah orang yang dapat memahami pesan  dari sipengirim  meskipun dalam bentuk code/isyarat  tanpa mengurangi arti pesan  yang dimaksud oleh pengirim

6.      Balikan (feedback)
Balikan adalah isyarat atau tanggapan yang berisi  kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya terhadap sipenerima pesan Hal ini penting  bagi manajer atau pengirim pesan untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat. Balikan dapat disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang bukan penerima pesan. Balikan yang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya merupakan balikan langsung  yang mengandung pemahaman atas pesan tersebut dan sekaligus merupakan apakah pesan itu akan dilaksanakan atau tidak
Balikan yang diberikan oleh orang lain  didapat dari pengamatan pemberi balikan  terhadap perilaku maupun ucapan penerima pesan. Pemberi balikan  menggambarkan perilaku penerima pesan  sebagai reaksi  dari pesan  yang diterimanya. Balikan bermanfaat untuk memberikan informasi, saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu untuk menumbuhkan  kepercayaan serta keterbukaan diantara komunikan, juga balikan dapat memperjelas persepsi.

7.      Gangguan
Gangguan bukan merupakan bagian dari proses komunikasi  akan tetapi mempunyai pengaruh dalam  proses komunikasi, karena pada setiap situasi hampir selalu ada hal yang mengganggu kita. Gangguan adalah  hal yang  merintangi atau menghambat  komunikasi  sehingga penerima salah menafsirkan pesan  yang diterimanya.
1.      Komunikasi Adalah Proses Simbolik
2.      Setiap Perilaku Mempunyai Potensi Komunikasi
3.      Komunikasi Punya Dimensi Isi dan Dimensi Hubungan
4.      Komunikasi Berlangsung dalam Berbagai Tingkat Kesengajaan
5.      Komunikas Terjadi dalam Konteks Ruang dan Waktu
6.      Komunikasi Melibatkan Prediksi Peserta Komunikasi
7.      Komunikasi Bersifat Sistematik
8.      Semakin Mirip Latar Belakang Sosial-Budaya Semakin Efektiflah Komunikasi
9.      Komunikasi Bersifat Nonsekuensial
10.  Komunikasi Bersifat Prosesual, Dinamis, dan Transaksional
11.  Komunikasi Bersifat Irreversible
12.  Komunikasi Bukan Panasea untuk Menyelesaikan Berbagai Masalah

5.    Unsur-unsur Komunikasi

1. Sumber
Sumber merupakan pelaku utama atau pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai suatu komunikasi, dapat seorang individu, kelompok, organisasi, maupun suatu negara sebagai komunikator. Sumber dalam berkomunikasi dapat berupa :
a. Orang
b. Lembaga
c. Buku
d. Dokumen dan sejenisnya
2. Komunikator
Komunikator merupakan orang yang mempunyai motif komunikasi.
3. Pesan
Pesan adalah segala hasil penggunaan akal budi manusia yang disampaikan untuk mewujudkan motif komunikasinya.
4. Channel atau Saluran
Saluran adalah jalan yang dilalui pesan komunikator oleh sampai ke komunikannya. Terdapat dua jalan agar pesan komunikator sampai kekomunikannya, yaitu tanpa media atau dengan media.
5. Efek
Efek merupakan hasil akhir dari suatu komunikasi yaitu sikap dan tingkah laku seseorang, sesuai atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

Cara menyalurkan ide melalui komunikasi

     Komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan gerak gerik badan seperti tersenyum,menggelengkan kepala, dan mengangkat bahu. Ide yang dikirim oleh sender dan di terima oleh receiver tidak boleh ide yang sembarangan tetapi ada penyaringan dan seleksi untuk diambil ide manakah yang terbaik untuk di ambil dan dilaksanakan untuk oleh organisasi tersebut agar mencapai tujuan bersama, serta visi dan misi suatu organisasi. Tahap-Tahap Cara menyalurkan ide melalui komunikasi yaitu :
1. Ide (gagasan) oleh sender.
2. Perumusan yaitu dalam perumusan ini ide si sender disampaikan oleh kata-kata.
3. Penyaluran (transmitting) yaitu penyaluran ini dapat lisan, tertulis, simbol maupun isyarat, dll.
4. Tindakan yaitu tindakan ini sebagai contoh perintah-perintah dalam organisasi  dilaksanakan.
5. Pengertian yaitu kata-kata si sender dalam perumusan tadi dijadikan ide oleh si penerima.
6. Penerimaan yaitu ide atau informasi ini diterima oleh penangkap berita (receiver).

6.    Hambatan-Hambatan Komunikasi Dalam Organisasi
1. Hambatan Teknis 
     Hambatan ini terjadi karena keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi. Dari sisi teknologi semakin berkurang dengan adanya temuan baru dibidang kemajuan teknologi, komunikasi dan informasi. Sehingga  saluran komunikasi dapat diandalkan dan efisien sebagai media komunikasi.
2. Hambatan Semantik
   Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau ide secara efektif. Untuk menghindari hambatan yang seperti ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat sesuai dengan karakteristik komunikannya, dan melihai kemungkinan penafsirannya  terhadap kata-kata yang dipakai.
3. Hambatan Manusiawi
    Terjadi karena adanya faktor emosi dan prasangka pribadi, presepsi, kecakapan atau ketidakcakapan, kemampuan atau ketidakmampuan panca indera manusia, dll.
Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi
     1.  Dari segi sifatnya :
     a. Komunikasi Lisan
     b. Komunukasi Tertulis
     c. Komunikasi Verbal
     d. Komunikasi Non Verbal
     2.  Dari segi arahnya
     a. Komunikasi Ke atas
     b. Komunikasi Ke bawah
     c. Komunikasi Diagonal Keatas
     d. Komunikasi Diagonal Kebawah
     e. Komunikasi Horizontal
     f. Komunikasi Satu Arah
     g. Komunikasi Dua Arah
     3.  Menurut Lawannya :
     a. Komunikasi Satu Lawan Satu
     b. Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok)
     c. Kelompok Lawan Kelompok
     4.  Menurut Keresmiannya :
     a. Komunikasi Formal
     b. Komunikasi Informal

Daftar Pustaka
Usman, Husaini.2011. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar